Kamis, 30 Oktober 2014

Cara membuat Ip Camera dengan Web Cam + Router

CARA MEMBUAT IP CAMERA dengan WEB CAM + ROUTER

Beberapa tahun yang lalu saya membaca sebuah artikel mengenai membuat cctv dengan webcam + router. Router yang dipakai adalah tplink mr3220 dengan firmware yang sudah diganti ke Openwrt. Setelah sekian lama baru tahun ini iseng-iseng mencoba membuat Ip Cam dengan router.
Anda bisa mengawasi sebuah ruangan dengan webcam tanpa perlu adanya pc. Jadi hanya memakai router + webcam. Ini dia tampilannya.
openwrt cctv
Bahan yang saya pakai yaitu Router mr3220, Webcam, Usb hub untuk menambah port usb dan Flashdisk buat root router agar kapasitasnya lebih gede. Agar webcam bisa berjalan maka bisa menggunakan aplikasi seperti mjpg streamer, motion atau fswebcam. Aplikasi berbasis linix ini hanya berupa text saja, dan dijalankan di dalam router. Untuk mengakses bisa memakai alamat ip router semisal 192.168.1.1:8080. Bisa dibuka di pc dan ponsel. Dapat juga distream lewat aplikasi Webcam7 di pc.
Kalau punya modem yang ada ip publiknya maka webcam bisa diakses dari luar. Berhubung tidak ada ip publik maka saya memakai cara dengan mengupload screenshot ke dropbok setiap menitnya.
Selain itu bisa juga diset supaya merekam aktivitas jika ada gerakan. Misal di ruangan kosong dan ada yang masuk maka router akan mengambil screenshot saat ada gerakan tadi.Hasilnya disimpan di flashdisk.
Diinternet juga ada tutorial biar webcam bisa gerak kanan kiri atas bawah. Bisa dikendalikan dari jarak jauh. Tapi saya belum nyoba, karena tidak bisa bikin rangkaian elektronik :D
Buat yang punya router dan ingin mencoba maka bisa cari-cari di internet dengan kata kunci: openwrt webcam. Tapi hati-hati ya, kalau salah flash routernya bisa ngadat :D
Sebenarnya hampir sama dengan ip cam, cuma ini lebih murah meriah. Selain itu kelebihannya bisa dipasangi webcam lebih dari 1. Semisal 2-3 webcam. Tapi webcamnya harus support format mjpeg. Kemarin saya berhasil mencoba 2 kamera dipasang bersamaan yaitu dengan webcam dan satunya ponsel china qwert :D
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar